Saturday, February 6, 2016

Cara mengawinkan kelinci dengan tepat


Cara mengawinkan kelinci dengan tepat
img by @binatangpeliharaan.org
Cara mengawinkan kelinci dengan tepat – Bagi kalian yang suka memelihara kelinci pasti suatu saat nanti akan mengalami hal ini karena apabila kelinci yang kalian pelihara sudah dewasa maka kelinci tersebut siap bereproduksi. Mungkin bagi yang sudah lama berkecimpung didalamnya sudah paham bagaimana tata cara mengawinkan kelinci, namun mungkin bagi kalian yang pemula masih sedikit bingung atau bahkan belum tahu bagaimana melakukannya, untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit tips bagaimana cara mengawinkannya dengan tepat.
Sebelum kita menuju ulasan utama sebaiknya perlu kalian tahu bahwa kelinci pada dasarnya kelinci yang berumur 4 bulan sudah tumbuh hormon seksualnya namun diumur tersebut sebaiknya kelinci jangan dikawinkan karena untuk menghindari hal-hal seperti cacat pada keturunannya, lalu diumur berapakah kelinci siap dikawinkan? kelinci siap kawin sekitar umur 6 bulan keatas untuk kelinci betina, sedangkan yang jantan sekitar 5 bulan keatas. Setelah mengetahui beberapa hal diatas mungkin kalian bisa mengira-ngira umur untuk mengawinkan kelinci. Untuk tata cara pengawinannya bisa dilihat dibawah ini.
  • Apabila kalian sudah mengira-ngira induk kelinci yang akan dikawinkan sudah siap maka langkah pertama adalah dengan memasukkan induk betina ke kandang jantan, kenapa kok harus kekandang yang jantan bukan yang betina?? hal ini dimagsudkan karena kelinci jantan sudah menguasai kondisi dalam kandangnya sehingga dapat menimbulkan kepercayaan diri tinggi saat akan mengawininya.
  • Perlu diketahui bahwa kelinci betina yang sudah dewasa juga akan mengalami rasa birahi tinggi, lalu bagaimana ciri-ciri kelinci betina yang mulai birahi? biasanya kelinci yang sedang birahi akan terlihat gelisah dengan menggaruk atau mengerati kandangnya.
  • Perkawinan akan berlangsung ketika sang jantan berlari mengejar-ngejar sang betina dan akan terjadi yang ditandai dengan sang jantan menaiki betinanya, lalu bagaimana waktu yang tepat untuk mengawinkannya? waktu yang baik untuk mengawinkannya pada saat sore hari dan usahakan kalian melihat proses perkawinannya agar bisa memastikan baik atau tidaknya proses perkawinan tersebut, apabila dirasa kurang maksimal bisa dilakukan 8 jam setelahnya dengan memisahkannya terlebih dahulu agar kedua kelinci tersebut bisa beristirahat.
Demikianlah tips mengawinkan kelinci, semoga informasi ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dari saya dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment