Monday, February 18, 2013

TIPS MEMELIHARA ANAK KELINCI BAGI PEMULA









Anak Kelinci adalah hewan yang sering dijumpai di beberapa tempat misalnya tempat wisata,karena keunikannya kita sering membeli anak kelinci, tetapi banyak kejadian tentang kematian anak kelinci, saya akan berbagi tips mengenai pemeliharaan anak kelinci  sesuai dengan pengalaman saya : 


  1. 1.Pilihlah anak kelinci yang sehat, kelinci yang sehat terlihat dari matanya yang bersinar(tidak layu), hidung bersih, dan daerah anus tidak kotor, serta semua bagian tubuh berfungsi dengan baik dan tidak cacat.
  2. 2. Anak kelinci dipasaran apalagi ditempat-tempat wisata biasanya belum tuntas disusui induknya, jadi bilah memilih pilih lah yang sudah lebih dari 40 hari atau yang baik adalah 2 bulan beberapa penjual biasanya bohong tentang umur kelinci jadi jangan memilih kelinci yang terlalu kecil, pastikan ingin membeli jenis apa karena setiap jenis mempunyai ukuran dan bentuk anak yang berbeda, biasanya di pasaran adalah jenis New Zealand atau kalau sudah banyak campuran darahnya jadi disebut lokal(penjual biasa menyebut australia, tetapi tidak ada kelinci ras australia jadi ini hanya sebutan bagi penjual-penjual). sebenarnya yang paling aman adalah memelihara kelinci 4 bulan untuk pemula karena sudah tidak rentan penyakit. Jadi pilihlah tempat membeli yang tepat, biasanya para peternak langsung lebih mengetahui jenis kelinci di banding penjual-penjual, bila ingin lebih baik coba tanyakan silsilah kelinci agar mengetahui jelas indukannya.
  3. Jangan memberi sayuran jika masih dibawah 3 bulan, 3 bulan pun hanya boleh dikasih wortel tetapi sedikit saja. Kangkung akan berdampak buruk bagi pencernaan, bagi beberapa orang kelinci dikasih kangkung dan bertahan, mungkin jenis campuran atau yang biasa disebut australia oleh penjual dapat tahan oleh kangkung, jenis ini memang lebih kuat karena telah di kawinkan silang dan indukannya pun bisanya kuat pencernaanya. tetapi tetap saja dapat berbahaya selain itu bisa menyebabkan penyakit lain seperti gigi tonggos disaat dewasa. kelinci jenis lain sangat rentan terhadap kangkung.
  4. Berilah makanan yang sehat untuk anak kelinci anda, berikannlah pelet kelinci yang berkualitas untuk menunjang kebutuhan vitamin dan mineralnya, soal biaya memang agak mahal untuk anak tetapi saat dewasa anda bisa mengganti pelet dengan pelet kelinci biasa yang lebih efisien. berikan juga sedikit hay(sejenis rumput yang dikeringkan yang dikemas) atau perkenalkan hijauan seperti rumput2tan yang sudah dilayukan(pilih rumput juga harus hati-hati karena ada beberapa rumput yang beracun) lebih aman yang sejenis dengan rumput gajah, alternatif lain adalah Daun pisang dan kulit jagung, untuk daun pisang bisa juga mengobati mencret jadi penyajiannya harus dicuci bersih dan ditiriskan lalu di belah-belah sesuai ukuran mulut kelinci, untuk kulit jagung pakailah bagian dalam yang hijau muda, cuci lalu layukam sedikit (untuk Kulit jagung dianjurkan umur kelinci diatas 2,5 bulan).Tapi yang paling baik untuk kebutuhan serat dalah hay, alternatif dipakai untuk mereka yang ingin menekan biaya perawatan atau yang sulit mendapatkan hay karena belum banyaknya hay yang dijual dipasaran.
  5. Berilah air minum yang bersih untuk kelinci, beberapa orang bilang kelinci muda tidak boleh dikasih air, ya karena biasanya yang bilang demikian memberi sayuran kepada kelinci mereka, misalnya sawi dan wortel  ini mengandung air dan kebutuhan air tercukupi tetapi kondisi ini sebenarnya tidak bagus dan dapat membuat kelinci mencret. jadi sediakan air yang cukup untuk kelinci anda, yang terbaik dengan botol khusus agar air tidak tumpah.
  6. Sediakan kandang yang baik dan lingkungan yang mendukung, kandang anak kelinci haruslah yang tidak terkena angin malam secara langsung, lebih aman di dalam rumah saya biasa memberi kain atau baju bekas didalam kandang agar kelinci lebih hangat, alas kandang jika berjeruji atau kawat maka sediakanlah tempat untuk kelinci mengistirahatkan kakinya dapat dibuat dari lantai yang di balik, karena kandang kawat akan membuat kaki pegal. sanitasi harus baik dan pastikan pee atau air kencing kelinci tidak membasahi kaki-kakinya karena dapat menimbulkan penyakit kulit, bersihkanlah perlengkapan makan,minum dan kandang dengan disinfektan dosis rendah, alas yang sudah kotor dengan kotoran anak kelinci harus dibesihkan paling lamabat 2 hari 1 kali.
  7. Jangan sering digendong, bila sudah 3 bulan maka boleh sering tetapi lebih aman saat umur 4 bulan, jangan menarik kuping kelinci untuk mengangkatnya karena dapat merusak pembuluh darah di kuping, genggamlah bahunya dan topanglah pantatnya, cara yang paling baik adalah tangan satu mengendong dibelakan kaki depan dan tidak menekan, lalu topang bagian pantat kelinci dengan tangan satunya, tetapi beberapa kelinci tidak suka posisi ini maka pakailah cara mengangkat dari bahu.
  8. Biasanya anak kelinci akan senang jika ada teman seumuran di kandangya, jangan membeli beda umur karena biasanya yang satu akan stress. jika kelinci stress maka dia bisa mencret dan meninggal setalah kejang-kejang
  9. Awasi dari predator seperti kucing, dan jangan terlalu sering dimainkan anak kecil karena anak kecil sering salah menggendong dan dapat menimbulkan stress, hindari suara berisik yang mengagetkan seperti petasan karena anak kelinci bisa sangat stress dengan suara, suara petir juga akan membuatnya takut mungkin karena telinga mereka lebih besar jadi suara akan lebih menyakitkan telinga dan karena di alam bebas mereka sangat waspada dan bisa sangat takut akan beberapa hal, tetapi beberapa kelinci mempunyai sifat yang berani meskipun jarang.
  10. Jangan menyerah jika anak kelinci anda belum dapat bertahan sampai dewasa, saya pun pertama-tama kehilangan kurang lebihi 10 anak kelinci sebelum sekarang dapat membesarkan tetapi masih ada beberapa yang tak bertahan meskipun sedikit. Jangan kapok tuk pelihara kelinci jika selalu mati belilah yang berumur 4 bulan, jika takut ukuran yang besar belilah jenis mini atau dwarf yang berat dewasa kurang dari1 kg.

18 comments:

  1. Mas,kalu di hutan pasti gak ada pelet kelinci kan ? terus di alam bebas ( hutan ) makan apaan mas ? ( maklum orang awam ).

    ReplyDelete
  2. Jangan menyerah jika belum bisa membesarkan :')
    Emang ya rasanya kehilangan kelinci apalagi masih kecil itu emang sedih sakit bkin nangis :')
    Jadi keingat kelinci saya masih 2 bulan udah nda ada lagi nemeni saya tiap saya tidur tiap saya bermain
    Mungkin cara merawat saya yang salah tapi saya yakin saya merawat penuh dengan kasih sayang

    ReplyDelete
  3. Jangan menyerah jika belum bisa membesarkan :')
    Emang ya rasanya kehilangan kelinci apalagi masih kecil itu emang sedih sakit bkin nangis :')
    Jadi keingat kelinci saya masih 2 bulan udah nda ada lagi nemeni saya tiap saya tidur tiap saya bermain
    Mungkin cara merawat saya yang salah tapi saya yakin saya merawat penuh dengan kasih sayang

    ReplyDelete
  4. kak, kelinciku usia 24 hari. td dia makan sawi tp bukan daunnya. apa efek buat pencernaanya kak?

    ReplyDelete
  5. klw kelinci umur 1 setengah bulan masih boleh di kasih wortel?
    saya beli di tempat wahana tapi pedagang nya bilang kelinci ini berumur 1 setengah bulan , klw kelinci nya hanya diam terus ( jarang bergerak)berarti kelinci nya sedang sakit/stress???

    ReplyDelete
  6. iya, padahal disini banyak makanan kelinci menyehatkan dan kaya serat

    http://mamalinci.web.id

    ReplyDelete
  7. pelihara kelinci itu mending 2 atau 1 klok mau di jadikan satu kandaNG

    ReplyDelete
  8. Permisi mau tanya.. saran.
    Lbh baik piara kelinci lop umur 4bulan atau 18 bulan? Thank ya gan sbelumnya

    ReplyDelete
  9. Permisi mau tanya.. saran.
    Lbh baik piara kelinci lop umur 4bulan atau 18 bulan? Thank ya gan sbelumnya

    ReplyDelete
  10. aku punya kelinci anggora padahal baru beli 2 hari yg lalu, eh malah mati😭 padahal tadi siang masih bisa jalan kesana kemari. Ada yg tau gak sih kenapa?😭😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama nasibnya kaya kelinci aku 😭😭😭

      Delete
  11. kelinci saya berjumlah 6,yang 4 sudah pada mati😭😭😭😭😭😭

    ReplyDelete
  12. kelinci saya masih hidup kirakira udah 4 bulan aku pelihara kelincinya umur 3 bulan berarti udh 7 bulan, tapi ga gede gede kelincinya min kenapa ya tiap hari aku kasihin makanan wortel hhe

    ReplyDelete
  13. Aku sangat sedih mendalam kehilangan di mona kelinci yg aku piara dari bayi, kehujanan, kedinginan, aku nyesel banget knp ga dibawa masuk rmh dulu.

    ReplyDelete
  14. Ka aku mau nanya.kalau anak kelinci
    cewe 3 bulan itu sendirian boleh ga ka?apa bisa dia bertahan hidup sampai besar?

    ReplyDelete